Glosarium Biologi



Absorbsi             :    Suatu fenomena fisik atau kimiawi atau suatu proses sewaktu atom, molekul, atau io memasuki suatu fase limbak (bulk) lain yang bisa berupa gas, cairan, ataupun padatan
Agar                   :    Agensia pembentuk tekstur pada makanan (E 406), dihasilkandari ekstraksi ganggang merah (Rhodophyceae sp). Agar terdiri dari dua polisakarida: agarosa (galaktosa dengan 3,6-anhidro-Lgalaktosa) dan agaropektin (1,3-D galaktosa dengan gugus-gugus ester sulfat); BM = kurang lebih 100.000. Sin. agarosa, agaropektin.
Aw                     :    Aktivitas air (singkatan: aw) adalah sebuah angka yang menghitung intensitas air di dalam unsur-unsur bukan air atau benda padat. Secara sederhana, itu adalah ukuran dari status energi air dalam suatu sistem. Hal ini didefinisikan sebagai tekanan uap dari cairan yang dibagi dengan air murni pada suhu yang sama , karena itu, air suling murni memiliki aw tepat satu.
Biodegradable    :    Degradasi melalui proses fotokimia atau dengan menggunakan mikroba penghancur.
Chitosan             :    Produk alami dari chitin, polysaccharide pada exoskeleton ikan,seperti udang dan rajungan.
Chitin                 :    Kitin berasal dari bahasa yunani Chitin, yang berarti kulit kuku, merupakan komponen utama dari eksokeleton crustacean yang berfungsi sebagai komponen penyokong dan pelindung. Senyawa kitin adalah suatu polimer golongan poli sakarida yang tersusun atas satuan-satuan N-asetilglukosamina melaluiikatan ß-(1,4), yang secara formalnya dapat dipertimbangkan sebagai suatu senyawa turunan selulosa yang gugus hidroksil pada atom C-2 digantikan gugus asetamina 
Deasetilasi          :  Merupakan proses pengubahan gugus asetil (NHCOCH3) pada khitin menjadi gugus amino (NH2) pada kitosan dengan penambahan NaOH pekat, atau.larutan basa kuat berkonsentrasi tinggi.
Dekolorisasi       :  Proses yang bertujuan untuk menurunkan kandungan warna pada liquor. Pada proses inilah terjadi penghilangan warna larutan sehingga cairan yang dihasilkan jernih.
Demineralisasi    : 1. Proses penghilangan mineral yang terdapat pada ampas silase dengan menggunakan pelarut asam.
2.   Suatu sistem pengolahan air dengan pertukaran ion (ion exchange) melalui media ion exhange resin. Sistem ini mampu menghasilkan air dengan tingkat kemurnian yang sangat tinggi (Ultra Pure Water) dengan jumlah kandungan zat-ionic dan an-ionic mendekati nol sehingga mencapai batas yang hampir tidak dapat dideteksi lagi.
Deproteinasi       :  Proses ini dilakukan untuk menghilangkan protein dari ampas silase yang telah dipisahkan mineralnya. Deproteinasi dilakukan dengan menambahkan NaOH 3,5 % pada perbandingan 1 : 10 ( b/v ), lalu dipanaskan pada suhu 90 oC selama 1 jam
Ekstraksi            :  Suatu proses pemisahan suatu zat /bahan dari campuran dengan menggunakan cara mekanis, thermis, fisik, kimia atau pengambilan suatu zat tersebut dari pelarutnya dengan menggunakan pelarut yang berbeda dimana pelarut yang satu dengan yang lain tidak saling melarutkan.
Enzim                 :  Suatu protein yang berperan sebagai katalis biologi (biokatalisator) yang akan mengkatalisis setiap reaksi di dalam sel hidup.
Fermentasi          :  Suatu reaksi metabolisme yang meliputi sederet reaksi oksidasi-reduksi, yang donor dan aseptor elektronnya adalah senyawa-senyawa organik, umumnya menghasilkan energi. Fermentasi dilakukan oleh bakteri, fungi dan yeast tertentu, baik fakultatif maupun obligat. Contoh fermentasi kecap.
Hidrasi               :  Suatu proses agar bahan yang kering dibiarkan menyerap air sebanyak-banyaknya Penyerapan air dapat juga terjadi apabila bahan kering direndam di dalam air.
Hidrolisa            : Reaksi pengikatan guggus hidroksil atau OH- oleh suatu senyawa. Gugus OH dapat diperoleh dari senyawa air. Hidrolisa dapat digolongkan menjadi hidrolisa murni, hidrolisa asam, hidrolisa basa, dan hidrolisa enzim.
Humidifikasi      :  Proses peningkatan jumlah kadar air dalam aliran gas dengan melewatkan aliran gas di atas cairan yang kemudian akan menguap ke dalam gas.
Kolagen              : Protein yang membentuk unsur utama dari jaringan ikat dan tulang, dan memberikan kekuatan dan daya tahan kulit.
Limbah               : Adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis
Ossein                : Tulang yang sudah lumer
Saccharomyces : Yeast yang digunakan secara luas dalam industri pengolahan pangan seperti baking, peragian ( S. Cerevisae ), dan pengolahan susu ( S.lactis ), untuk proses fermentsi dan untuk produksi yeast pangan. Saccharomyces kebanyakan memfermentasi heksosa

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Glosarium Biologi yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top