Deskripsi Cumi-cumi (Loligo Indica)

Deskripsi Cumi-cumi (LoligoIndica) - Habitat, terdapat di air laut
Morfologi,
Cumi-cumi (Loligo indica) memiliki tentakel, lengan alat penghisap siphon, insang, rectum, penis, vena, pembuluh nadi, ginjal dan lain-lain. Masing-masing organ ini memiliki fungsi. Tubuh cumi-cumi dapat dibedakan atas kepala , leher, dan badan. Kepala cumi-cumi besar, matanya berkembang dengan baik karena dapat berfungsi untuk melihat. Mulutnya terdapat di tengah-tengah, dikelilingi oleh 10 tentakel, 2 tentakel panjang dan 8 tentakel lebih pendek. Tentakel panjang berfungsi untuk menangkap mangsa dan berenang. Pada setiap tentakel terdapat alat penghisap atau sucker. Di sisi kiri dan kanan tubuhnya terdapat sirip yang penting untuk keseimbangan tubuh.Pada dinding permukaan dorsal terdapat pen yang penting untuk menyangga tubuh. Seluruh tubuh cumi-cumi terbungkus oleh mantel. Di bagian punggung, mantel melekat pada badan, sedangkan di daerah perut tidak melekat, sehingga terbentuk rongga  disebut rongga mentel. Cumi-cumi dapat bergerak dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan tentakel dan dengan menyemprotkan air dari rongga mantel. Bila rongga mentel penuh air, dan air menyemprot melalui sifon menyebabkan tubuh cumi-cumi terdorong mundur. Semprotan air menimbulkan dorongan yang sangat kuat terhadap tubuh cumi-cumi, sehingga timbul gerakan seperti panah, itulah sebabnya cumi-cumi sering disebut panah laut. Alat pencernaan cumi-cumi terdiri atas mulut, pharynx, kerongkongan, lambung, usus buntu, usus dan anus. Sistem pencernaan cumi-cumi telah dilengkapi kelenjar pencernaan yang meliputi kelenjar ludah, hati, dan pancreas. Makanan cumi-cumi adalah udang-udangan, mollusca lain, dan ikan. Anus cumi cumi bermuara pada rongga mantel. Cumi-cumi hanya dapat berkembang biak secara kewin. Alat kelaminnya terpisah, masing-masing alat kelamin terdapat di dekat ujung rongga mantel dekat saluran yang terbuka kearah corong sifon. Cumi-cumi betina menghasilkan telur yang akan dibuahi di dalam rongga mentel. Kemudian, telur yang sudah dibuahi dibungkus dengan kepsul dari bahan gelatin. Telur yang menetas menghasilkan cumi-cumi muda berukuran kecil (Jasin, 1984)
Ilustrasi
Anatomi,
Biasanya tidak memiliki cangkok dan kalaupun ada, cangkok tersebut lambat laun akan mereduksi memiliki radula dimana di dalamnya terdapat gigi pada permukaan membrane yang memiliki suatu bagian yang biasanya bersifat kartilagerus dan endosophone. Radula biasanya terdapat dalam kantung yang terletak dibawah mulut. Proses mtabolisme telah berlangsung dengan cara sempurna dengan memiliki organ-organ yang membentuk system pencernaan, sirkulasi, ekskresi, reproduksi.

Fisiologi,
  • Sistem pencernaan
Saluran pencernaan makanan terdiri dari rongga mulut, faring, esophagus, lambung, kelenjar pencernaan, kelenjar ludah, rectum, anus. Kelenjar pencernaan terdiri dari kelenjar ludah, pancreas, hati, terletak dibagian akhir faring.
  • System reproduksi
Sel kelamin (Loligo indica) terpisah, saluran gonad terletak dirongga mantel dekat anus pada hewan jantan, saattangannya menjalani modif untuk mentransfer kapsul sperma kerongga mantel hewan betina. Alat reproduksi jantan terdiri atas testis, vas deferens, sperma, penis dan lain-lain.

Ciri khas,
  1. Kaki terletak di kepala
  2. Bisa di konsumsi berupa makanan

Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Filum : Molusca
Kelas : Chepalopoda
Ordo : Dibranchia
Family : Loligonidae
Genus : Loligo
Spesies : Loligo indica

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Deskripsi Cumi-cumi (Loligo Indica) yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

1 komentar:

Back to top