Deskripsi Hewan Protozoa (Amoeba dan Euglena)


Laporan praktikum - Amoeba Proteus dan Euglena Viridis

Sarcodina (Amoeba Proteus)



Klasifikasi

Kingdom          : Animalia

Phylum             : Protozoa

Kelas               : Sarcodina

Ordo                : Amoibida

Famili              : Amoibidae

Genus              : Amoleba

Spesies             : Amoeba Proteus

DESKRIPSI

Habitat, Amoeba Proteus terdapat dalam air tawar, baik pada air yang bergenang dan mengalir

Morfologi, Bentuk tubuh yang tidak tetap, disesuaikan dengan kondisi dimana ia berbeda. Tubuhnya berukuran 0,25 mmserta bagian luarnya terdapat membrane sel yang berfungsi sebagai pelindung.

Anatomi, Dibedakan atas dua sitoplasma, yaitu endoplasma dan ektoplasma. Juga terdapatvakuola kontraktil, vakuola makanan dan nucleus atau inti sel

·         Ektoplasma merupakan bagian terluar sitoplasma yang tampak jernih

·         Endoplasma merupakan bagian tengah yang kelihatan gelap pada sitoplasma

·         Vakuola kontraktil merupakan vakuola yang berperan sebagai alat ekskresi

·         Vakuola makanan merupakan vakuola yang berperan dalam proses pencernaan makanan

·         Nucleus merupakan bagian tubuh yang berperan dalam pertukaran zat sebelum masa reproduksi

Fisiologi

·        1. Reproduksi

Reproduksi Amoeba Proteus  dilakuka dengan cara pembelahan biner, yaitu pembelahan tubuh induk manjadi dua bagian yang sama dan masing-masing bagian akan berkembang menjadi dua bagian yang sama dan masing-masing bagian akan berkembang menjadi organismeyang utuh. Amoeba akan membelah diri apabila tubuhnya memiliki ukuran diameter melebihi 0,25 mm. proses pembelahan biner berlangsung dalam dua tahap, yaitu:

a.       Kariokinesis : pembelahan nucleus atau inti sel

b.      Sitokinesis: pembelahan plasma sel

·        2. Pencernaan

Apabila didekat amoeba terdapat makanan maka bagian tubuh terdekat akan menjulurka n pseudopodia. Kaki semu ini akan mengelilingi makanan dan menelannya setelah makanan masuk kedalam tubuh (sel) pseudopodia berubah menjadi vakuola makanan proses pencernaan makanan berlangsung di cdalam sel yaitu dalam vakuola makanan.


Flagellata (Euglena Viridis)

 


Klasifikasi

Kingdom          : Animalia

Phylum             : Euglenophyta

Kelas               : Phitomatigophora

Ordo                : Euglenida

Famili              : Euglenidae

Genus              : Euglena

Spesies             : Euglena Viridis


DESKRIPSI

Habitat, Euglena Viridis terdapat dalam air tawar dan juga dalam air kolam yang berwarna hijau

Morfologi, Euglena Viridisi berbentuk seperti kumparan yang panjangnya bervariasi, runcing pada anterior dan tumpul pada posterior. Memiliki flagellate pada ujung anterior sebagai alat gerak permukaan tubuh dilapisi oleh lapisan kutikula, sehingga hewan ini mempunyai bentuk tetap, pada bagian tengah anterior terdapat terdapat bagian yang akhir kerongkongan, terdapat stigma atau bintik mata yang berfungsi sebagai alat penerima rangsang cahaya.

Anatomi, Euglena Viridis yaitu memiliki satu nucleus berbentuk oval, nuklus tersebut oleh satu membrane yang ditengahnya terdapat suatu badan disebut endosome, yang berfungsi sebagai sentral kegiatan selama mitosis warna hijau Euglena disebabkan oleh adanya benda-benda yang melayang dalam protoplasmadisebut chorophora. Badan tersebut terdiri dari kumpulan granula yang terletak dalam tengah badan yang berisi klorofil yang berfungsi untuk fotosintesis

Fisiologi,

·         1 Reproduksi

Dilakukan secara aseksual dengan cara pembelahan aseksual pembelahan tubuh secara longitudinal yaitu dengan cara longjtudinalyaitu dimulai pada ujung anterioratau sesuai dengan arah panjang tubuh

·         .2. Pencernaan

Euglena Viridis merupakan hewan yang dapat membuat makanannya sendiri, hanya berlangsungbila ada cahaya matahari. Makanan dihasilkan dengan mengadakan fotosintesis pembuatan makanan tersebut disebut holophitik.

Ciri Khas

a.       Merupakan bentuk peralihan antara hewan dan tumbuhan

b.      Memiliki klorofil

c.       Memiliki stigma

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Deskripsi Hewan Protozoa (Amoeba dan Euglena) yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top