Morfologi Udang

Morfologi Udang - Udang merupakan binatang berair yang hidup di laut, sungai, dan danau, hanya beberapa spesies tertentu. Udang dijadikan sebagai hasil perikanan yang sering dikonsumsi karena kandungan gizinya. Jenis udang sangat banyak, ada yang berukuran besar maupun kecil. Jumlah udang di perairan seluruh dunia diperkirakan sebanyak 343 spesies  yang potensial secara komersil. Dari jumlah itu 110 spesies termasuk didalam famili  Penaidae. Udang digolongkan kedalam Filum Arthropoda dan merupakan Filum  terbesar dalam Kingdom Animalia.

Udang

Tubuh udang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala dan bagian  badan. Bagian kepala menyatu dengan bagian dada disebut cephalothorax yang  terdiri dari 13 ruas, yaitu 5 ruas di bagian kepala dan 8 ruas di bagian dada. Bagian  badan dan abdomen terdiri dari 6 ruas, tiap-tiap ruas (segmen) mempunyai sepasang  anggota badan (kaki renang) yang beruas-ruas pula. Pada ujung ruas keenam terdapat  ekor kipas 4 lembar dan satu telson yang berbentuk runcing. 

Morfologi Udang


Bagian Kepala
Bagian kepala dilindungi oleh cangkang kepala atau Carapace. Bagian depan meruncing dan melengkung membentuk huruf S yang disebut cucuk kepala atau rostrum. Pada bagian atas rostrum terdapat 7 gerigi dan bagian bawahnya 3 gerigi untuk P monodon. Bagian kepala lainnya adalah :
  1. Sepasang mata majemuk (mata facet) bertangkai dan dapat digerakkan.
  2. Mulut terletak pada bagian bawah kepala dengan rahang (mandibula) yang kuat.
  3. Sepasang sungut besar atau antena.
  4. Dua pasang sungut kecil atau antennula.
  5. Sepasang sirip kepala (Scophocerit).
  6. Sepasang alat pembantu rahang (Maxilliped).
  7. Lima pasang kaki jalan (pereopoda), kaki jalan pertama, kedua dan ketiga bercapit yang dinamakan chela.
  8. Pada bagian dalam terdapat hepatopankreas, jantung dan insang.
Bagian badan dan perut (abdomen) tertutup oleh 6 ruas, yang satu sama  lainnya dihubungkan oleh selaput tipis. Ada lima pasang kaki renang (pleopoda) yang  melekat pada ruas pertama sampai dengan ruas kelima, sedangkan pada ruas keenam,  kaki renang mengalami perubahan bentuk menjadi ekor kipas (uropoda). Di antara  ekor kipas terdapat ekor yang meruncing pada bagian ujungnya yang disebut telson.  Organ dalam yang bisa diamati adalah usus (intestine) yang bermuara pada anus yang  terletak pada ujung ruas keenam.

Tubuh udang mempunyai  rostrum, sepasang mata, sepasang antena, sepasang antenula bagian dalam dan luar,  tiga buah maksilipied, lima pasang cholae (periopod), lima pasang pleopod, sepasang  telson dan uropod.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Morfologi Udang yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

1 komentar:

Back to top