Deskripsi Ikan Mas (Cyprinus Carpio)

Deskripsi Ikan Mas (CyprinusCarpio) - Habitat, Ikan mas (Cyprinus Carpio) hidup diair tawar

Morfologi,

  1. Memiliki badan berbentuk memanjang dan sedikit pipih kesamping
  2. Mulut oris terletak diujung tengah terminal 
  3. Memiliki kulit yang berlendir yang berasal dari kelnjar mucus yang brupa glikoprotein
  4. Memiliki rahang yang yang terdiri atas satu rahang atas maksila dan satu rahang bawah mandibular yang bertulang sejati
  5. Ujung mulut halus karena tidak memiliki gigi
  6. Dibagian mata memiliki selaput tidur membrane niktitans untuk melindungi pada saat berenang
  7. Pada bagian lateral tubuh terdapat gurat sisik linea lateralis berfungsi sebagai organ sensoris ikan yang dapat mendeteksi perubahan gelombang
  8. Memiliki tutup insan operculum 
  9. Memiliki sisik yang berukuran besar dan digolongkan kedalam tipe sisik sikloid lingkaran 
  10. Memiliki gelembung renang swin brodder 
  11. Sisik berwarna karena adanya brochroema yaitu zat pemberi warna pada ikan
Ilustrasi

Anatomi,

  • System pencernaan
System pencernaan dimulai dari mulut oris dimana makanan ikan masuk kedalamrongga mulut (cavum oris) kemudian masuk melalui kerongkongan (esophagus) yaitu saluran yang menghubungkan mulut dan lambung (ventriculus) dan terjadi pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi. Selanjutnya dari lambung makanan masuk kedalam usus (intestinum) dan disini terjadi penyerapan makanan. Hati merupakan kelenjar pencernaan menghasilkan empedu pancreas mengandung endokrin dan endokrin yang berperan dalam proses pencernaan. Kemudian sisa-sisa makanan yang tidak diserap akan dikeluarkan tubuh melalui kloaka.

  • System sirkulasi
Jantung pada ikan mas Cyprinus carpio  terdiri atas dua ruang yaitu satu atrium yang menerima darah dari sinus venosus dan satu ventrikel yang memompa darah konus arteriosus. Dari konus darah selanjutnya menuju keaorta ventral yang bercabang menjadi tiga buah arteri brankerial eferen lalu terus masuk kedalam insang. Lalu kapiler-kapiler yang ada dalam insang membentuk aorta dorsal selanjutnya darah masuk keseluruh tubuh dan darah vena kembali melalui dua saluran cover kedalam sinus venosus.

  • System pernapasan
Pernapasan dilakukan oleh insang yang terdapat dalam empat pasangkantung insang yang terletak sebelah menyebelah,tiap belah insang terdiri atas lembaran ganda filamen, dimana setiap celah filamen kaya akan pembuluh  darah yang akan mengikkat oksigen juga sebagai pelepas karbondioksida. Didalam filament terdapat sisir yang berfungsi untuk menahan makanan dan benda-benda keras yang masuk saat pernafasan. Mekanisme pernafasannya yaitu oksigen dari air masuk kedalam insang kemudian oksigen dari air masuk kedalam insang kemudian oksigen diikat oleh kapiler darah untuk dibawa kejaringan-jaringan yang membentuk. Kemudian karbondioksida dari jaringan akan dibawa oleh darah keinsang dan selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh.

  • System reproduksi
Pembelahan pada ikan mas (Cyprinus carpio) terjadi diluar tubuh. Pada ikan ini mempunyai alat kelamin terpisah dimanaikan jantan memiliki sepasang testis yang membesar pada masa perkawinan, melalui vas deferens sperma dikeluarkan melalui papilla urogenitalis. Sedangkan pada betina telur akan dikeluarkan melalui oveiduk yang selanjutnya keluar melalui papilla-urogenitalis.

Manfaat,

  1. Daging ikan dapat diolah sebagai bahan makanan
  2. Mencegah penyakit jantung dan gagal jantung karena mengandung omega 3
  3. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi berat badan
  4. Menyehatkan mata

Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Osteichthyes
Ordo : Ostariophsi
Family : Cyprinidae
Genus : Cyprinus
Spesies : Cyprinus carpio

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Deskripsi Ikan Mas (Cyprinus Carpio) yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top