Pengertian Unsur

Pengertian Unsur - Setiap zat yang ada di alam ini terbentuk dari materi yang memiliki susunan dan komposisi yang tetap serta mempunyai sifat yang jelas dan disebut zat murni. Setiap zat murni mempunyai sifat-sifat tertentu. Zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa dinamakan Unsur.

Sistem periodik unsur

Sampai saat ini ada 92 unsur yang terdapat di alam dan 22 unsur lainnya merupakan unsur buatan manusia. Unsur-unsur tersebut umumnya dalam bentuk persenyawaan misalnya: natrium banyak ditemukan dalam batu kapur. Unsurunsur yang terdapat di alam bebas biasanya tidak dalam bentuk persenyawaan misalnya: tembaga, zeng, perak dan sebagainya. 

Pemberian nama unsur biasanya diambil dari nama daerah, misalnya:Germanium (German), Polonium (Polandia), Fransium (Prancis) dan sebagainya dan juga di ambil dari nama ilmuan seperti: einstenium (Einstein), curium (Marie dan Piere Curry), fermium (Enrico Fermi) sehingga dengan penemuan unsur yang semakin banyak, maka pada tahun 1813. John Jakop Berzelius mengusulkan pemberian lambang unsur yaitu berupa huruf untuk masing-masing unsur. Jika suatu unsur dilambangkan dengan suatu huruf maka harus memakai huruf kapital. Misalnya oksigen (O), hidgogen (H). Karbon (C). Jika suatu unsur dilambangkan lebih dari satu unsur maka huruf pertama huruf kapital dan huruf berikutnya dengan huruf kecil. Misal seng (Zn), emas (Au), tembaga (Cu).

Unsur yang paling banyak di alam adalah hidrogen (60%), helium (37%) dan unsur-unsur lainnya 3%. Tubuh manusia tersusun dari 28 unsur, tiga unsur yang paling dominan adalah oksigen (65%), karbon (18,5%), dan hidrogen (9,5)


Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Unsur yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top