Deskripsi Jeruk Bali (Citrus maxima)

Deskripsi Jeruk Bali (Citrus maxima) - Jeruk Bali merupakan salah satu spesies dari genus citrus, salah satu ciri-ciri dari tanaman ini adalah buahnya besar, biasanya manis atau asam tergantung juga dari jenis jeruk balinya ada yang biasanya berwarna putih  dan ada juga yang berwarna merah. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit, terutama CVPD yang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia.

Bunga jeruk bali


Bunga Jeruk Bali

Deskripsi Jeruk Bali
Habitus berupa perdu dengan tinggi 5-15 m. Batang berkayu,  tegak, berbentuk bulat, bercabang dan berwarna hijau kecoklatan.  Daun tunggal dengan pertulangan menyirip. Daun berwarna hijau,  berbentuk bulat telur atau elips, ujungnya meruncing, tepi rata  dan pangkal membulat. Panjang daun 5-20 cm, lebar daun 2-12  cm. Bunga tunggal dan berbentuk tabung, berada di ketiak daun.  Kelopak bunga berbentuk piala, berwarna putih kekuningan atau  hljau kekuningan. Benang sari berbentuk silindris dan berwarna  putih. Putik berbentuk silindris dan berwarna hijau muda. Mahkota  bunga berwarna putih atau putih kekuningan. Buah buni, kulitnya  setebal 1,5-2 cm, berdaging putih atau merah hijau. Biji berbentuk  bulat telur atau elips, panjang 7-10 mm, tebal 5-7 mm, berwarna  putih kekuningan. Akarnya berupa akar tunggang dan berwarna  putih kekuningan.

Kandungan Jeruk Bali
Jeruk bali memiliki beberapa kandungan, diantaranya Likopen, pectin, flavonoid dan vitamin c. Selain itu, memiliki beberapa kandungan kimia diantaranya :
Keterangan :
1. glycocitrine-I
2. 5-hydroxynoracronycine
3. citrusinine-I
4. 5-hydroxynoracronycine alcohol
5. grandisine-I
6. natsucitrine-II
7. citracridone-III

Manfaat Tumbuhan
Jeruk ini mempunyai rasa yang khas dan manis. Buah jeruk ini selain dimakan segar sebagai buah meja, kadang-kadang juga dibuat rujak atau diambil ekstraknya untuk dibuat jus. Bunganya yang harum dapat untuk bahan parfum. Daun, bunga, buah dan bijinya dapat pula dimanfaatkan untuk mengobati sakit batuk, demam dan sakit perut.

Klasifikasi Jeruk Bali
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas : Rosidae
Ordo : Sapindales
Familia : Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus : Citrus
Spesies : Citrus maxima

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Deskripsi Jeruk Bali (Citrus maxima) yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top