Mengenal Tentang Mangrove

Mengenal Tentang Mangrove - Yang dimaksud dengan mangrove yaitu vegetasi hutan yang tumbuh di antara garis pasang surut; mereka juga dinamakan hutan pasang. Tetapi mangrove juga dapat tumbuh pada pantai karang, pada karang rokal yang mati diatasnya ditimbuni selapis tipis pasir atau ditimbuni lumpur atau juga pantai berlumpur. Susunan dari jenis mangrove bergantung pada tanah yang ada dibawahnya. Jenis mangrove berlumpur ialah Rhizopoda, Avicennia, Acanthus, Cerbera, Bruguiera, Ceriops. Jenis mangrove karang dan mangrove koral pasir ialah Sonneratia alba. Pada bagian lain, mangrove yang lebih kering didapatkan Lumnitzer, Xylocarpus, Aegiceras, Heritiera.
Tumbuhan Mangrove

Senua jenis pohon, yang terdapat dalam mangrove mempunyai pembentukan akar yang spesifik kadang-kadang mereka mrupakan massa akar yang seperti tombak tegak lurus menonjol ke udara seperti terlihat pada Avicennia dan Sonneratia, kadang-kadang batangnya kearah pangkal tumbuh akar seperti kerucut yang tumbuh miring kebawah yang dinamakan akar tunjang (steltwortels). Tiga tumbuh-tumbuhan yang mencolok diantara mangrove adalah tanaman Acanthus yang berduri dan berbunga biru muda, dan terutama tumbuh ditempat terbuka, antara lakin pada gundukan tanah yang disingkirkan oleh sebangsa kepiting. Yang kedua adalah paku-pakuan mangrove Acrostichum dengan daun yang menyirip dan setinnggi dari tinggi orang dimana ujungnya kerap kali kelihatan coklam hitam disebabkan adanzya kelompok spora. Yang ketiga yaitu palem yang tidak berbatang (Nypa), yang terutama terdapat dipinggiran genangan dan saluran air. Dengan susunan pekarangannya yang rapat, Nypa dapat menahan arus pasang surut dengan baiknya.

Mangrove pada umumnya tidak muadah dilalui karena lapisan lumpur maupun simpang siurnhya akar. Mangrove yang tumbuh sangat baik dapat mempunyai tajuk yang tingginya 40 m, dan membentuk sutu jalur yang lebarnya 40 m, misalnya cilacap (segara anakan). Kerap kali Mangrove di Jawa sangat sempit, miskin dan pendekkarena pemangkasan (untuk kayu bakar, penyamak kulit, dan arang bakar) dan hanya dapat memberi gambaran sedikit bagaimanakah kemampuan mereka. Teluk dan delta yang tenang dan tidak dalam adalah tempat untuk mangrove tumbuh sempurna.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal Tentang Mangrove yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top