Manifestasi Penyakit Akibat Alkohol da Rokok


Manifestasi Penyakit Akibat Alkohol da Rokok - sering kali berdampingan satu sama lain. Perokok termasuk pecandu nikotin, berisiko lebih tinggi untuk ketergantungan alcohol. Perokok pada umumnya 2,1 kali lebih besar dan ketergantungan nikotin memiliki 2,7 kali lebih besar untuk berisiko manjadi pecandu alcohol, dibandingkan bukan perokok. Sementara itu orang yang mengalami ketergantungan alcohol juga berisiko untuk merokok dari pada orang yang tidak mengalami ketergantungan alcohol. 

Ilustrasi

Merokok dan peggunaan alcohol yang berlebihan merupakan factor resiko penyakit kardiovaskuler dan penyakit paruyang kemudian dapat mengakibatkan kanker.
Risiko kanker mulut, faring dan esophagus bagi orang perokok-peminum lebih tinggi dibandingkan yang menggunakannya sendiri-sendiri. Misalnya risiko relative terjadinya kanker mulut dan faring lebih besar 7 kali pada seorang perokok; 6 kali lebih besar pada peminum dan 38 kali bih besar pada peminum-perokok, dari pada mereka yang tidak merokokdan minum alcohol.
Hal tersebut disebabkan oleh lebih kurang 4000 substansi  kimia yang terjadi akibat reaksi kimia dari panas yang ibuat oleh rokok yang menyala. Zat kimia seperttitar akan dibawa keparu-paru melalui asap rokok yang terhisap kemudian aliran darah akan mendistribusikan keseluruh tubuh. Suatu enzim dihati (enzim microsomal) mengikat beberapa kandungan tar menjadi zat kimia yang menyebabkan kanker. Seorang peminum lama, dapat mengaktifkan beberapa enzim microsomal sehingga meningkatkan aktivitas dan berkontribusi pada berkembangnya penyakit kanker yang berhubungan dengan merokok.

Penyakit utama yang disebabkan oleh rokok

Penyakit atau Kondisi
Pria
Wanita
Penyakit jantung coroner
        Usia 35-64
        Usia > 65
Lesi serebrovaskular
        Usia 35 -64
        Usia > 65
Aneurisma aorta
Obstruksi jalan napas kronik
Kanker
Bibir, mulut, faring
Esophagus
Perut
Pancreas
Laring
Paru-paru
Serviks
Ginjal
Kandung kemih
Sudden infant death syndrome
Infant respiratory distress syndrome
Barat baadan lahir rendah

2.5
1.5

3.3
1.6
6.2
10.6

10.9
6.8
2
2.3
14.6
23.3

2.7
3.3


3.1
1.6

4
1.5
7.1
13.1

5.1
7.8
1.4
2.3
13
12.7
1.6
1.3
2.2
2.3
1.3
1.8

Perokok pasif, asap rokok dapat dipisahkan menjadi dua komponen, asap utama yang dihisap oleh perokok dan asap sampingan yang tidak terfilter (dikeluarkan diujung rokok) yang dihisap secara pasif oleh bukan perokok.
Iustrasi

Diperkirakan di Austrralia terdapat 150 kematian akibat kanker paru dan 1000 kematian akibat penyakit jantung disebabkan perokok pasif. Paparan dalam jangka panjang pada asap rokok dapat meningkatkan risiko kanker paru dan penyakit arteri coroner diantara bukan perokok. Juga meningkatkan insiden infeksi pernapasan, otitis media kronik, dan asma pada anak-anak.
Dalam kondisi lain merokok menghambat penyembuhan ulkus peptic meningkatkan risiko osteoporosis, katarak senilis dan degenerasi macular dan menyebabkan menopause premature, keriput batu empedu dan kolesistitis pada perempuan dan impotensi pada laki-laki.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Manifestasi Penyakit Akibat Alkohol da Rokok yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top