RPP Katabolisme dan Anabolisme Karbohidrat


RANRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJA

Satuan pendidikan        :  SMA Negeri 16 Makassar
Mata pelajaran              :  Biologi
Kelas / semester              :  XII / I (Satu)
Jumlah Pertemuan        :  2 X Pertemuan
Standar kompotensi   : 2 Memahami pentingnya proses metabolisme  pada organisme
Kompetensi dasar     : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan  anabolisme karbohidrat
Indikator                      :  
1.    Kognitif
a.       Produk
1)      Menjelaskan pengertian fotosintesis
2)      Menjelaskan tahapan reaksi dalam proses fotosintesis
3)      Mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4)      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis
b.      Proses
1)      Melakukan percoaan tentang proses fotosintesis
2)      Mengkomunikasikan untuk menentukan ide atau pendapat pada saat diskusi berlangsung.
3)      Mencari artikel yang terkait dengan materi untuk didiskusikan
2.    Afektif
a.       Pendidikan Karakter
Teliti, jujur,peduli, tanggung jawab, terbuka dan kerja keras.
b.      Keterampilan Sosial
bekerja sama, pendengar yang baik, memgemukakan pendapat atau ide dan menghargai pendapat teman.
3.    Psikomotor:
1)      Terampil bertanya dan mengemukakan pendapat.
2)      Terampil melakukan percobaan.



Alokasi waktu              :   4 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a.    Produk
1)      Siswa mampu menjelaskan pengertian fotosintesis
2)      Siswa mampu menjelaskan tahapan reaksi fotosintesis
3)      Siswa mampu mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4)      Siswa mampu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
b.    Proses
1)      Siswa mampu melakukan percobaan tentang proses fotosintesis
2)      Siswa mampu mengemukakan ide atau pendapat pada saat pembelajaran berlangsung.
3)      Siswa mampu memahami  artikel yang terkait materi di internet dan berbagai literatur.
2. Afektif
a.    Pendidikan Karakter
  Setelah proses pembelajaran siswa memiliki dan mempraktekan karakter:
1)      Jujur
berlaku jujur ketika siswa mengerjakan tugas, dan mengatakan apabila belum memahami materi.
2)      Tanggung jawab
Siswa bertanggungjawab atas keterlaksanaan tugas baik untuk tugas individu maupun tugas kelompok.
3)      Teliti
teliti ketika mencatat hasil diskusi.
4)      Peduli
Membantu teman memahami materi yang telah diajarkan.
5)      Kerja keras
Siswa bekerja keras untuk mencari artikel dan jurnal yang terkait dengan materi yang ditugaskan oleh guru.
b.    Keterampilan Sosial
     Setelah proses pembelajaran siswa memiliki dan mempraktekan keterampilan sosial:
1)      Bertanya
Siswa bertanya ketika belum memahami penjelasan.
2)       Menyumbang ide atau pendapat
Setiap siswa diharapkan menyumbang ide atau pendapat
3)       Menjadi Pendengar yang baik
Setiap siswa menjadi pendengar yang baik ketika siswa yang lain menyampaikan pendapat.
4)       Berkomunikasi
Berkomunikasi yang santun ketika menyampaikan informasi.
3.Psikomotor:
Setelah selesai proses pembelajaran siswa terampil dalam bertanya dan mengemukakan    pendapat serta melakukan percobaan

B.     Materi Ajar
1.      Pengertian fotosintesis
2.      Tahapan reaksi dalam fotosintesis
3.      Tempat terjadinya reaksi fotosintesis
4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
C.  Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Model                                      :   kooperatif
Pendekatan                             :   konsep dan keterampilan proses
Metode Pembelajaran             :   Diskusi dan Tanya jawab dan eksperimen
D. langkah-langkah Pembelajaran
     Pertemuan I (2 jam pelajaran)
A.   Kegiatan awal (10 menit)
·      Guru mengucapakan salam
·      Pengkondisian kelas
·      Guru memberikan apersepsi
·      Guru menuliskan tema dan tujuan pembelajaran
·      Guru menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan.


B.    Kegiatan inti (70 menit)
·      Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompoknya dan mendiskusikan materi yang telah di berikan
·      Guru memberikan arahan dan membimbing siswa yang sedang berdiskusi
·      Siswa mempresentasikan materi yang telah mereka diskusikan
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang meteri yang belum di pahami
·      Guru menjelaskan kembali meteri yang telah didiskusikan
  C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·      Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan terkait materi
·      Guru memberi tugas kepada siswa
·      Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·      Guru mengucapakan salam
·      Pengkondisian kelas
·      Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari pada pertemuan sebelumnya.
·      Guru menuliskan tema dan tujuan pembelajaran.
·      Guru menjelaskan proses belajar yang akan dilalui dan membagi siswa dalam 5 kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 orang
B.  Kegiatan inti (65 menit)
·      Guru menyampaikan secara umum mengenai praktikum yang dilakukan
·      Guru membagikan lembar kerja penuntun praktikum dan meminta siswa bertanya jika ada yang kurang dipahami
·      Guru mengarahkan siswa dalam melakukan praktikum secara berkelompok
·      Guru mengarahkan siswa membuat laporan sementara hasil praktikum Guru menjelaskan kepada siswa mengenai praktikum yang di lakukan.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya



C.   Kegiatan Akhir (15 menit)
·      Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan terkait praktikum yang dilakukan
·      Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.


                                                                                                  Makassar,  08 September 2014

Mengetahui
        Guru Pamong                                                                       Mahasiswa PPL

 Drs. Bahrum                                                                          Surahman Basri
       Nip.196204041987031016                                                         Nim : 20500111097


                                                          Menyetujui
                                                             Dosen Pembimbing                                                                   

                                                   Wahyuni Ismail, S.Ag., Msi
                                                   Nip : 19780805 200501 2 006                                






Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul RPP Katabolisme dan Anabolisme Karbohidrat yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top