Perkembangan Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir

Perkembangan Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir - Perkembangan masa kanak-kanak, bagaimanakah urutannya? Ketika anak masih bayi, la belajar mengenal benda-benda yang dapat dijangkau melalui mulutnya. Setelah la pandai berjalan, makin luas ruang yang dikuasainya, semakin banyak hal yang harus dikenalnya.

Masa Kanak-kanak


Pada usia 12 bulan seorang anak mulai belajar mengucapkan suku kata. Setelah sampai 18 bulan seorang bayi mampu mengucapkan beberapa kata. Pada usia 18-24 bulan seorang anak baru bisa mengucapkan kalimat pendek yang terdiri dari 2-3 kata. Ketika umur 2,5 tahun biasanya sudah mampu mengucapkan kalimat tunggal.

Anak yang sudah berusia 2-3 tahun tidak puas lagi dengan hanya meraba atau melihat-lihat benda saja. Setiap saat sibuk dengan mengerjakan sesuatu dan mengulang-ulang atau mencoba-coba, permainan bongkar pasang dan lainlain. Ketika usia 2-3 tahun anak mulai membentuk kelompok kecil terdiri 2-3 orang anak. Mereka mulai bermain bersama, walaupun kelompok kecil itu hanya bertahan dalam waktu singkat. Pada saat usia mulai menginjak perkembangan sosial. Di kemudian haru jumlah anggota kelompok bermain menjadi banyak, dan mulai betah bermain.

Pada usia 3 tahun anak mulai muncul ego, rasa iri pada orang lain. Ketika berusia 4 tahun, anak gemar mendengarkan cerita tentang anak nakal, hantu, anak kotor, dan sebagainya. Pada usia 4-8 tahun mulai gemar mendengarkan dongeng.

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Perkembangan Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top