Perkembangan Masa Bayi


Perkembangan masa bayi, bagaimanakah urutannya?


Perkembangan masa bayi
Bayi yang baru lahir masih tidak berdaya, kelangsungan hidupnya tergantung pada belas kasihan dan pertolongan orang lain. Ia memiliki bekal dasar yang disebut insting, yaitu insting mengisap dan insting menangis. Insting yaitu kecepatan tindakan sesuai dengan tujuan. Sebagian besarbayi menggunakan waktunya untuk tidur, menyusu, dan menangis. Menangis bagi bayi memiliki makna tertentu. Menurut ahli jiwa, ada tiga makna tangis bayiyaitu :


  • Tangis untuk menyatakan rasa tidak nyaman, misalnya ketika lapar, haus, pakaian basah, dan lain-lain.
  • Tangis yang tidak disebabkan sesuatu hal tertentu (tangis spontan). menangis ini berguna untuk latihan pernapasan.
  • Tangis manja, yaitu tangis dengan selingan-selingan sedikit dengan maksud minta digendong atau ditimang-timang.

1) Perkembangan motorik
Gerakan motorik adalah gerakan tubuh yang dimotori dengan kerja sama antara otot, otak, dan saraf. Mula-mula bayi dapat menguasai otot bibir, lidah dan mata, kemudian la menguasai otot-otot leher dan bahunya.

2) Perkembangan indera, bagaimanakah urutannya?
Seorang bayi yang baru lahir mampu mendengar dengan baik, tetapi memerlukan waktu setahun untuk dapat menentukan letak sumber suara dengan tepat. Ia mampu melihat/mengenali warna pada usia 3 bulan.  Kemampuan menginderai bentuk dan ukuran mulai 6 bulan. Pada usia 1 tahun telah memiliki pengertian kedalaman dan medan penglihatan.

Bayi belajar bicara memerlukan waktu lama. Bersuara melibatkankoordinasi saraf motoris untuk menggerakkan laring, pita suara, langitlangitlunak, lidah dan bibir. Memantau bicara melibatkan umpan balikke otak dari otot bicara dan telinga. Pada usia menjelang 6 bulan, bayimulai meniru suara-suara yang didengarnya.

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Perkembangan Masa Bayi yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top