Cara menggunakan mikroskop

Cara menggunakan mikroskop - Cara menggunakan mikroskop sebagai berikut:

Mikroskop


  1. Letakkan mikroskop di atas meja dengan tepat di hadapan kita, posisi meja objek dalam keadaan datar.
  2. Aturlah lensa objektif dengan perbesaran lemah tepat di bagian tengah meja objek dengan cara memutar revolver sampai terdengar bunyi “klik”.
  3. Atur lensa objektif sehingga berjarak lebih kurang 1cm di atas meja benda dengan menggunakan pemutar kasar.
  4. Aturlah diafragma sehingga terbuka lebar untuk mengatur cahaya yang masuk.
  5. Bila ada kondensator, naikkan kondensator setinggi mungkin.
  6. Dengan melihat melalui lensa okuler cermin diatur sehingga cahaya yang dipantulkan masuk ke diafragma secara optimal.
  7. Apabila telah tampak lingkaran dengan chaya yang merata letakkan kaca objek yang berisi benda yang akan diamati di tengah meja objek.
  8. Lensa objektif diturunkan sampai kurang lebih 3 mm dari kaca objek, lakukan dengan melihat dari samping.
  9. Sambil mengamati melalui lensa okuler, pemutar kasar diputar ke atas sehingga objek yang diamati tampak jelas. Kaca objek dapat digeser-geser untuk melihat bagian benda yang diamati dengan tepat.
  10. Untuk mengamati dengan perbesaran kuat, putar revolver untuk menggantikan lensa objektif.
  11. Agar bayangan tampak lebih jelas, putar pemutar halus sambil melihat melalui okuler.
  12. Jagalah agar lensa objektif tidak menyentuh kaca objek. Meja objek dapat diatur dalam posisi miring apabila sediaan yang diamati tidak mengandung cairan.

Perbesaran bayangan benda yang diamati diperoleh dari perkalian perbesaran lensa okuler dengan perbesaran lensa objektif, misalnya perbesaran lensa okuler 5x dan lensa objektif 10x, maka bayangan benda yang diamati diperbesar 5 x 10 = 50x. Mikroskop memerlukan pemeliharaan dan perawatan agar awet digunakan. Pemeliharaan mikroskop dilakukan dengan cara menggunakan mikroskop sesuai prosedur yang benar. Setelah selesai digunakan, mikroskop disimpan di ruang tertutup yang diberi pengawet kering agar tidak terkena debu dan tidak lembab, sebab jika ada debu yang melekat pada bagian optik dapat mengurangi kualitas hasil pengamatan dan kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Cara menggunakan mikroskop yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top