Pengertian Kepadatan Penduduk

Pengertian Kepadatan Penduduk - Kepadatan populasi manusia dikenal juga sebagai kepadatan penduduk. Apakah yang dimaksud kepadatan penduduk tersebut? Kepadatan penduduk pada suatu daerah dapat dihitung dengan membandingkan banyaknya penduduk dengan luas daerah yang ditempati, biasanya dinyatakan dengan jumlah penduduk tiap-tiap km2. 

Pengertian Kepadatan Penduduk
Misalnya suatu daerah dengan luas 2.000.000 km2 didiami oleh pendudukyang berjumlah 150.000.000 orang, maka kepadatan penduduk daerahtersebut sebagai berikut.

                                             Banyaknya penduduk
Kepadatan penduduk = -------------------------------------
                                            Luas daerah yang ditempati

                                           150.000.000 orang
                                   = ------------------------- = 75 orang km2
                                               2.000.000 km2

Daerah tersebut tiap-tiap km2 rata-rata dihuni oleh 75 orang penduduk.Kepadatan penduduk di kota-kota besar umumnya lebih besar daripada di desa. Penduduk memerlukan banyak sarana dan fasilitas yang antara lain berupa air, listrik, angkutan, sekolah, toko, pasar, dan lainlain. Kota-kota besar yang mempunyai kepadatan penduduk besar tentumembutuhkan sarana dan fasilitas yang lebih banyak pula. Apabilapengelolaannya kurang baik, maka akan menimbulkan banyakpermasalahan, antara lain kemacetan lalu lintas, pcmukiman kumuh,polusi, dan masalah-masalah lainnya.

Kepadatan penduduk pada suatu daerah dapat mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan jumlah penduduk pada suatu daerah dipengaruhi oleh tiga komponen, yaitu kelahiran, kematian, danmigrasi. Suatu daerah akan mengalami perubahan jumlah penduduknya apabila ada yang lahir, mati, dan pindah. Mulai abad ke 20 penduduk dunia bertambah dengan pesat.

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kepadatan Penduduk yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top