RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMA
Negeri 16 Makassar
Mata pelajaran :
Biologi
Kelas /
semester : XII / I (Satu)
Jumlah
pertemuan : 3 X Pertemuan
Standar
kompotensi :
3 Memahami konsep dasar dan prisip – prinsip hereditas
serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi
dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
Indikator :
1. Kognitif
a. Produk
1)
Mengidentifikasi sel yang akan
bereproduksi
2)
Menjelaskan urutan tahapan mitosis
3)
Mengidentifikasi ciri-ciri dan tahapan mitosis
4)
Mengidentifikasi ciri-ciri dan tahapan meiosis
5)
Menjelaskan urutan tahapan meiosis
6)
Membedakan proses, tahapan, tempat terjadinya, fungsi
pembelahan mitosis dan meiosis
7)
Menjelaskan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan dengan
pewarisan sifat.
b.
Proses
1)
Mengkomunikasikan untuk menentukan ide
atau pendapat pada saat pembelajaran
berlangsung.
2)
Mencari artikel yang
terkait dengan materi pembelajaran
2.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
jujur, peduli, tanggung jawab, terbuka dan
kerja keras.
b.
Keterampilan
Sosial
bekerja sama, pendengar yang baik,
memgemukakan pendapat atau ide dan menghargai pendapat teman.
3. Psikomotor:
1)
Terampil bertanya
dan mengemukakan pendapat.
2)
Terampil dalam menjelaskan materi pembelajaran
Alokasi waktu : 6 x
45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
1)
Siswa mampu mengidentifikasi sel yang akan bereproduksi
2)
Siswa mampu menjelaskan urutan tahapan mitosis
3)
Siswa mampu menjelaskan peran dan bagian bagian yang
terlibat dalam sistesis protein
4)
Siswa mampu mengurutkan tahapan proses sintesiis protein
5)
Siswa mampu menemukan macam-macam kode genetik melalui
kajian literatur
6)
Siswa mampu menjelaskan proses replikasi, dan transkripsi
DNA
7)
Siswa mampu menemukan macam-macam kode genetik
8)
Siswa mampu menjelaskan proses penyampaian kode genetika
b.
Proses
1)
Siswa mampu mengemukakan ide atau pendapat pada
saat pembelajaran berlangsung.
2) Siswa
mamp mencari artikel terkait materi
yang di ajarkan.
2. Afektif
a. Pendidikan Karakter
Setelah proses pembelajaran
siswa memiliki dan mempraktekan
karakter:
1)
Jujur
berlaku
jujur ketika siswa mengerjakan tugas, dan mengatakan apabila belum memahami
materi.
2)
Tanggung jawab
Siswa
bertanggungjawab atas keterlaksanaan tugas baik untuk tugas individu maupun
tugas kelompok.
3)
Peduli
Membantu
teman memahami materi yang telah diajarkan.
4)
Kerja keras
Siswa
bekerja keras untuk mencari artikel dan jurnal yang terkait dengan materi yang
ditugaskan oleh guru.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses
pembelajaran siswa memiliki dan
mempraktekan keterampilan sosial:
1)
Bertanya
Siswa bertanya
ketika belum memahami penjelasan.
2)
Menyumbang ide atau pendapat
Setiap siswa
diharapkan menyumbang ide atau pendapat
3)
Menjadi Pendengar yang baik
Setiap siswa
menjadi pendengar yang baik ketika siswa yang lain menyampaikan pendapat.
4)
Berkomunikasi
Berkomunikasi
yang santun ketika menyampaikan informasi.
3.Psikomotor:
Setelah
selesai proses pembelajaran siswa terampil dalam
bertanya dan mengemukakan pendapat
B. Materi
Ajar
1.
Sel yang akan bereproduksi
2.
Menjelaskan urutan tahapan mitois
3.
Ciri-ciri dari tahapan mitosis
4.
Ciri-ciri tahapan meiosis
5.
Tempat pada makhluk hidup yang mengalami mitosis
6.
Urutan tahapan miosis
7.
Proses, tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembelahan
mitosis dan meiosis
8.
Gametogenesis pada hewan dan tumbuhan dengan pewarisan
sifat.
C. Model,
Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Model : kooperatif
Pendekatan : konsep,
keterampilan proses
Metode Pembelajaran : Ceramah,Tanya jawab, dan diskusi
D. langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengucapakan salam
·
Pengkondisian
kelas
·
Guru
memberikan apersepsi
·
Guru
menuliskan tema dan tujuan pembelajaran
·
Guru menjelaskan proses belajar yang akan
dilalui dan membagi siswa dalam 6
kelompok yang masing-masing terdiri atas 5 orang.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru menjelaskan
materi secara umum tentang pembelahan
sel
·
Guru meminta
siswa bergabung dalam kelompoknya dan membagikan gambar tentang tahapan mitosis
·
Guru mengamati
gambar dan berdiskusi dengan kelompoknya tentang tahapan, ciri-ciri dan tempat
terjadinya mitosis
·
Guru
meminta siswa untuk naik menjelaskan apa yang telah didiskusikan dengan teman kelompoknya
·
Guru
menjelaskan kembali materi yang belum jelas.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan
terkait materi
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membuat gambar charta tentang pembelahan
mioesis
·
Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan II (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengucapakan salam
·
Pengkondisian
kelas
·
Guru
menanyakan kepada siswa pelajaran minggu lalu.
·
Guru menuliskan
tema dan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan inti (55 menit)
·
Guru menjelaskan
materi secara umum
·
Guru meminta siswa untuk mengkaji literatur
menganai tahapan, ciri-ciri dan tempat terjadinya meiosis
·
Guru
meminta salah satu siswa untuk naik menjelaskan proses pembelahan miosis
berdasarkan gambar da tugas yang telah diberikan
·
Guru
menjelaskan materi yang telah didiskusikan oleh siswa
·
Guru
meminta siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak di mengerti
C. Kegiatan Akhir (35 menit)
·
Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan
terkait materi
·
Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan III (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru mengucapakan
salam
·
Pengkondisian
kelas
·
Guru
menanyakan kepada siswa pelajaran minggu lalu.
·
Guru
menuliskan tema dan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan inti (65 menit)
·
Guru menjelaskaan
tentang gametogenesis yang terjadi pada tumbuhan.
·
Guru
membagikan gambar tentang proses gemetogenesis pada hewan
·
Guru meminta siswa untuk mengkaji literatur
menganai proses oogenesis dan spermatogenesis
·
Guru
meminta salah satu siswa untuk naik menjelaskan tentang gametogenesis pada
hewan
·
Guru
menjelaskan materi yang telah didiskusikan oleh siswa
·
Guru
meminta siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak di mengerti
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
·
Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan
terkait materi
·
Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
E. Penilaian
1.
Kognitif
a.
Ulangan
Harian
2.
Afektif
Penilaian
proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan
·
A = Sangat Baik
·
B = Baik
·
C = Cukup
·
D = Kurang
C. Psikomotorik
Menilai
aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
No
|
Elemen yang Dinilai
|
Skor Maksimal
|
Penilaian Peserta Didik
|
1
|
Kecermatan
siswa dalam memahami materi yang disampaikan.
|
20
|
|
2
|
Kemampuan
siswa dalam mengulangi penjelasan materi yang disampaikan.
|
20
|
|
3
|
Kemampuan
siswa dalam menyimpulkan materi.
|
20
|
|
4
|
Kemampuan
siswa dalam mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan materi.
|
20
|
|
5
|
Kemampuan
siswa dalam melakukan eksperimen
|
20
|
|
Total Nilai
|
100
|
Makassar, 22 September 2014
Mengetahui
Guru
Pamong Mahasiswa PPL
Drs.
Bahrum Surahman
Basri
Nip.196204041987031016
Nim : 20500111097
Menyetujui
Dosen
Pembimbing
Wahyuni
Ismail, S.Ag., Msi
Nip : 19780805 200501
2 006
0 komentar:
Posting Komentar