RANRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJA
Satuan pendidikan : SMA Negeri 16 Makassar
Mata pelajaran : Biologi
Kelas /
semester : XII / I (Satu)
Jumlah Pertemuan : 2 X Pertemuan
Standar kompotensi : 2 Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Standar kompotensi : 2 Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Indikator :
1. Kognitif
a. Produk
1)
Menjelaskan pengertian fotosintesis
2)
Menjelaskan tahapan reaksi dalam proses fotosintesis
3)
Mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4)
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses
fotosintesis
b.
Proses
1)
Melakukan
percoaan tentang proses fotosintesis
2)
Mengkomunikasikan untuk menentukan ide
atau pendapat pada saat diskusi berlangsung.
3)
Mencari artikel yang
terkait dengan materi untuk didiskusikan
2. Afektif
a. Pendidikan Karakter
Teliti,
jujur,peduli, tanggung jawab, terbuka dan kerja keras.
b.
Keterampilan
Sosial
bekerja sama, pendengar yang baik,
memgemukakan pendapat atau ide dan menghargai pendapat teman.
3. Psikomotor:
1)
Terampil bertanya
dan mengemukakan pendapat.
2)
Terampil melakukan
percobaan.
Alokasi waktu : 4 x
45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk
1) Siswa mampu menjelaskan pengertian fotosintesis
2) Siswa mampu menjelaskan tahapan reaksi fotosintesis
3) Siswa mampu mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4) Siswa mampu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis
b. Proses
1)
Siswa mampu melakukan percobaan tentang proses
fotosintesis
2)
Siswa mampu mengemukakan ide atau pendapat pada
saat pembelajaran berlangsung.
3)
Siswa mampu memahami artikel yang terkait materi di internet dan berbagai literatur.
2. Afektif
a. Pendidikan Karakter
Setelah proses pembelajaran
siswa memiliki dan mempraktekan
karakter:
1)
Jujur
berlaku
jujur ketika siswa mengerjakan tugas, dan mengatakan apabila belum memahami
materi.
2)
Tanggung jawab
Siswa
bertanggungjawab atas keterlaksanaan tugas baik untuk tugas individu maupun
tugas kelompok.
3)
Teliti
teliti
ketika mencatat hasil diskusi.
4)
Peduli
Membantu
teman memahami materi yang telah diajarkan.
5)
Kerja keras
Siswa
bekerja keras untuk mencari artikel dan jurnal yang terkait dengan materi yang
ditugaskan oleh guru.
b. Keterampilan Sosial
Setelah proses
pembelajaran siswa memiliki dan
mempraktekan keterampilan sosial:
1)
Bertanya
Siswa bertanya
ketika belum memahami penjelasan.
2)
Menyumbang ide atau pendapat
Setiap siswa
diharapkan menyumbang ide atau pendapat
3)
Menjadi Pendengar yang baik
Setiap siswa
menjadi pendengar yang baik ketika siswa yang lain menyampaikan pendapat.
4)
Berkomunikasi
Berkomunikasi
yang santun ketika menyampaikan informasi.
3.Psikomotor:
Setelah selesai proses pembelajaran siswa terampil dalam bertanya dan mengemukakan
pendapat serta melakukan
percobaan
B.
Materi Ajar
1. Pengertian fotosintesis
2. Tahapan reaksi dalam
fotosintesis
3. Tempat terjadinya reaksi
fotosintesis
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis
C. Model,
Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Model : kooperatif
Pendekatan : konsep
dan keterampilan proses
Metode Pembelajaran : Diskusi
dan Tanya jawab dan eksperimen
D. langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengucapakan salam
· Pengkondisian kelas
· Guru memberikan apersepsi
· Guru menuliskan tema dan tujuan pembelajaran
· Guru menjelaskan rangkaian kegiatan yang
akan dilakukan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk bergabung dalam
kelompoknya dan mendiskusikan materi yang telah di berikan
· Guru memberikan arahan dan membimbing
siswa yang sedang berdiskusi
· Siswa mempresentasikan materi yang telah
mereka diskusikan
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang meteri yang belum di pahami
· Guru menjelaskan kembali meteri yang telah
didiskusikan
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan
terkait materi
·
Guru memberi tugas kepada siswa
·
Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan II
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
· Guru mengucapakan salam
· Pengkondisian kelas
· Guru menanyakan pelajaran yang telah di
pelajari pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menuliskan tema dan tujuan
pembelajaran.
· Guru
menjelaskan proses belajar yang akan dilalui dan membagi siswa dalam 5 kelompok
yang masing-masing terdiri atas 4 orang
B.
Kegiatan
inti (65 menit)
· Guru menyampaikan secara umum mengenai praktikum yang
dilakukan
· Guru membagikan lembar kerja penuntun
praktikum dan meminta siswa bertanya jika ada yang kurang dipahami
· Guru mengarahkan siswa dalam melakukan
praktikum secara berkelompok
· Guru mengarahkan siswa membuat laporan
sementara hasil praktikum
Guru menjelaskan kepada siswa mengenai praktikum yang di lakukan.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
·
Guru membimbing siswa untuk membuat simpulan
terkait praktikum yang dilakukan
·
Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Makassar, 08 September 2014
Mengetahui
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Drs. Bahrum Surahman Basri
Nip.196204041987031016
Nim : 20500111097
Menyetujui
Dosen Pembimbing
Wahyuni
Ismail, S.Ag., Msi
Nip : 19780805 200501
2 006
0 komentar:
Posting Komentar